Dalam sesi pertama ini peserta difasilitasi untuk mengenal dan memahami program diklat online yang akan diikutinya. Kepada peserta disajikan desain program, kurikulum dan time line penyelesaian program. Selain itu peserta harus menandatangani kontrak belajar sebagai perjanjian dengan pihak penyelenggara untuk mengikuti seluruh kegatan online dan menyelesaikan  seluruh tugas sesuai dengan program yang disajikan.  Setelah mengikuti sesi ini peserta diharapkan memperoleh gambaran mengenai program diklat yang diikutinya dan membangn motivasi dan niat untuk menyelesaikannya.


Kegiatan Belajar (KB) ini disajikan untuk memfasilitasi peserta memahami konsep Penelitian TIndakan Kelas dan Prosedur Pelsanaannya. KB ini terdiri dari 3 sesi yaitu konsep penelitian secara umum, konsep PTK dan Prosedur PTK. Pada sesi pertama peserta diantarkan untuk mengingat kembali metode penlitian dan menghubungkannya dengan PTK sebagai salah satu metode peneltiian ilmiah. Pada sesi 2 dan 3 peserta diajak untuk mengeksplorasi konsep dan prosedur pelaksanaan PTK.



Dalam sesi ini peserta difasilitasi untuk mempelajari definisi, fungsi, tujuan, prosedur penyusunan, komponen dan  sistimatika proposal PTK.



Dalam sesi ini peserta dibimbing untuk menyusun proposal PTK Bab 1. Diawali dengan latihan melakukan reconnaissance, kemudian menyusun latar belakang, merumuskan masalah, merumuskan tujuan peneltiain, menentukan tujuan penelitian dan menentukan manfaat penelitian.


Dalam sesi ini peserta akan dibimbing untuk latihan menyusun bab 2 proposal PTK. Peserta akan dibimbing untuk berlatih menuliskan kajian pustaka mengenai variable yang terlibat dalam penelitian, merumuskan kerangka berpikir dan mermuskan hipotesis tindakan.


Dalam sesi ini peserta akan dibimbing untuk berlatih menyusun Bab 3 Proposal PTK. Peserta akan dibimbing untukmenyusun seting penelitian, rancangan penelitian, metode pengumpulan dan pengolahan data dan jadwal penelitian.

 


Dalam sesi ini peserta diharapkan untuk membaca proposal peserta lain dan memberikan penilaian. Sesi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta terhadap prospoal PTK.


Dalam sesi ini peserta harus mengisi tes sumatif online. Tes ini menetukan kelulusan peserta. Bagi peserta yang memperoleh minimal skor dalam tes ini dan memperoleh skor akumulasi 76 maka akan dinyatakan lulus dan mendapat sertifikat Diklat Jarak Jauh.

Peserta diharapkan memberikan penilaian terhadap program pembelajaran online. Aspek yang dievaluasi meliputi sistem DJJ, layanan penyelenggaraan, layanan tutor dan soal-soal yang digunakan.