Orientasi Program adalah sekilas gambaran tentang kegiatan Diklat Jarak Jauh (DJJ) Materi Model Pembelajaran, dilengkapi dengan time line dan tata tertib. Dan yang tak kalah pentingnya adalah kita berkenalan satu sama lain, antara tutor dengan peserta ataupun antara peserta dengan peserta biar terwujud komunikasi yang efektif pada pembelajaran selanjutnya

Dalam sesi ini akan dibahas pengertian pendekatan saintifik, pendekatan saintifik dalam pembelajaran, serta langkah-langkah pendekatan saintifik dalam pembelajaran dan di bagian akhir disertai pula dengan diskusi, tugas serta tes formatif

Dalam KB ini kita akan membahas seputar pembelajaran kooperatif  yang melingkupi pengertian pembelajaran kooperatif, landasan teori, ciri-ciri model pembelajaran kooperatif, tujuan model pembelajaran kooperatif, sintaks model pembelajaran kooperatif, strategi model pembelajaran kooperatif, dan rambu-rambu penerapan model pembelajaran kooperatif.  

Untuk memperdalam materi dilakukan melalui forum diskusi dengan Tutor dan Peserta, penugasan dari Tutor, dan di bagian akhir akan dilakukan tes formatif



Dalam KB III ini materi yang akan dibahas adalah hal-hal yang berkaitan dengan model pembelajaran berbasis penemuan, yang meliputi: definisi/konsep tentang model pembelajara penemuan; Kelebihan model pembelajaran berbasis penemuan; Kekurangan model pembelajaran berbasis penemuan; Langkah-langkah pembelajaran model pempelajaran penemuan; Sistem penilaian model pembelajaran berbasis penemuan.


Untuk memperdalam materi, dilakukan Diskusi dengan Tutor dan antar peserta, juga penugasan dari Tutor serta dibagian akhir Tes Formatif

Pada KB IV ini, kita akan membahas aspek-aspek yang berkaitan dengan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah yang meliputi : Pengertian model Pembelajaran Berdasarkan Masalah; Landasan teori model Pembelajaran Berdasarkan Masalah; Ciri-ciri model Pembelajaran Berdasarkan Masalah; Tujuan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah;  Sintak /struktur model Pembelajaran Berdasarkan Masalah; Strategi model Pembelajaran Berdasarkan Masalah; Pelaksanaan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah; Contoh rencana pelaksanaan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah.

Untuk memperdalam materi dilakukan Diskusi dengan Tutor dan antar Peserta, juga penugasan dari Tutor, serta dibagian akhir dilakukan Tes Formatif

Pada kegiatan ini, kita akan membahas aspek-aspek yang berkaitan dengan model Pembelajaran Berbasis proyek yang meliputi: Pengertian model Pembelajaran Berbasis Proyek; Landasan teori model Pembelajaran Berbasis Proyek; Ciri-ciri model Pembelajaran Berbasis Proyek; Tujuan model Pembelajaran Berbasis Proyek;  Sintak /struktur model Pembelajaran Pembelajaran Berbasis Proyek; Strategi model Pembelajaran Berbasis Proyek; Pelaksanaan model Pembelajaran Berbasis Proyek; Contoh rencana pelaksanaan model Pembelajaran Berbasis Proyek

Untuk memperdalam materi dilakukan Diskusi dengan Tutor dan antar Peserta, juga penugasan dari Tutor, serta dibagian akhir dilakukan Tes Formatif

Peserta diharapkan memberikan penilaian terhadap program pembelajaran online. Aspek yang dievaluasi meliputi sistem DJJ, layanan penyelenggaraan, layanan tutor dan soal-soal yang digunakan.