Selamat Datang di DJJ Penulisan KTI bagi penyuluh agama. Pada orientasi program ini disajikan beberapa menu yang dapat Saudara ikuti dan pahami. Yaitu: Perkenalan tutor dan admin, Profil diklat, Rencana jadual diklat, Tata tertib, Perkenalan antar peserta dan Review tes. Silahkan Saudara ikuti dan cermati secara seksama!

Pada kegiatan belajar 1 ini Saudara akan diajak berdiskusi tentang karakteristik karya tulis ilmiah penyuluh agama, yang meliputi karya tulis ilmiah hasil penelitian, karya tulis ilmiah berupa tinjauan atau gagasan, dan karya tulis ilmiah populer.  Saudara diharapkan berperan aktif dalam menelaah naskah dan  berdiskusi tentang karakteristik karya tulis ilmiah sehingga Saudara dapat membedakan ketiga jenis karya tulis ilmiah tersebut.

Pada kegiatan belajar ini Saudara akan mempelajari tentang teknik memilih karya tulis ilmiah, diawali dengan melakukan identifikasi masalah dalam ruang lingkup bimbingan penyuluhan, menentukan tema, topik, dan judul. kemudian mengklasifikasi bentuk KTI yang akan disusun

Pada kegiatan belajar 3 ini Saudara akan mengkaji tantang struktur karya tulis ilmiah penyuluh agama, mengawalinya dengan:   Rincian bagian awal Sistematika KTI (Penelitian, Tinjauan, Ilmiah Populer), Rincian Batang Tubuh Sistematika KTI (Penelitian, Tinjauan, Ilmiah Populer), Rincian Bagian Isi Sistematika KTI (Penelitian, Tinjauan, Ilmiah Populer), dan Rincian Bagian  Penutup Sistematika KTI (Penelitian, Tinjauan, Ilmiah Populer)

 

Pada kegiatan belajar 4, Saudara diajak untuk berlatih menyusun karya tulis ilmiah berupa penelitian, tinjauan dan atau ilmiah populer. Menarasikan pembahasan yang telah dilakukan langkah-langkahnya dari mulai KB2

Peserta diharapkan memberikan penilaian terhadap program pembelajaran online. Aspek yang dievaluasi meliputi sistem DJJ, layanan penyelenggaraan, layanan tutor dan soal-soal yang digunakan.